Apa Iya Penampakkan Bus Kopaja Seperti Ini?

9 Jan 2013

Karena suka akan bus, ngadmin mobil butut menulis tentang bus aja (red, busway = bis wae) yach :)

Seperti ngadmin memberi judul di atas, Apa Iya Penampakkan Bus Kopaja Seperti Ini? Tulisan ini berawal ketika ngadmin membaca artikel terkait Kopaja masuk jalur Busway di salah satu media online dan gag bisa ikut sharing karena harus daftar dulu. Akhirnya ngadmin mobil butut putuskan koment di blog Mobil Butut aja :)

Jelas dipaparkan bahwa penampakan seperti gambar di bawah ini adalah cikal bakal Kopaja yang masuk jalur busway. Apa iya?

bus-feeder-tj Jika dilihat dari wheel base bus tersebut 4300 mm, ngadmin sangsi kalo penampakan bus Kopaja seperti ini. Karena bisa dipastikan bahwa desain body fashion bus ini adalah Bus Feeder yang sudah beroperasi selama ini, hehehe…. lha wong ngadmin mobil butut copas dari Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) : Implementing low Carbon Public Transport in Jakarta Project.

Dan dalam drawing selanjutnya, konsultan desain menawarkan konsep desain interior/lay out yang akan digunakan Kopaja dan metromini seperti gambar dibawah ini :

lay-out-kopaja-metromini-rencana

Ada yang menarik dicermati dalam konsep desain ini adalah penempatan handrail/pegangan tangan sengaja diletakkan pada posisi ruang kosong persis pada pintu keluar masuk, bukan pada lorong bus tersebut. Hal ini dimungkin untuk kenyaman dan keamanan penumpang.

Nah kalo gambar yang admin copas dari si mbah gugel inilah yang bakal masuk jalur busway karena nampak pintu tengah sisi kanan seperti standart busway saat ini.

3c13e735551abc7be4c3a73d7c36c756_p09-a_16

Seorang kondektur sedang membersihkan Kopaja AC jurusan Senen - Lebak Bulus yg dilengkapi fasilitas Wifi saat parkir di terminal pasar Senen, Jakarta, Selasa, 10/7/2012. (JP/Wendra Ajistyatama)

Pertanyaan selanjutnya adalah, kok beda ya dimensi bus Kopaja AC P20 dengan konsep yang ditawarkan konsultan ITDP? hehehe…. duuit x y, atau konsep masa depan untuk menunjang MRT? Yaa, yang penting demen ama bis aja dach :)

# Sumber : Fleet Specification Report ITDP, google.


TAGS kopaja metromini busway feeder


-

Author

Follow Me