Siang Bolong Bermimpi di InoBus

18 Jan 2012

A lucid dream is any dream in which one is aware that one is dreaming.

Mimpi, semua orang pasti mengalaminya. Mimpi di kejar poconggg atau mimpi di kejar harimau di tengah hutan, hiaaa…. inilah mimpi yang “mengasyikan” di tengah kegalauan :)

Berbicara tentang mimpi, Sang Pemimpi Belitong sempat menggambarkan pepatah konyol kuli-kuli Meksiko : ceritakan mimpimu, agar Tuhan bisa tertawa. Keduanya sama-sama bermimpi, namun beda situasi dan kondisi. Sebuah mimpi di kejar pocong tatkala tidur adalah refleksi pengalaman bawah sadar, terkadang indra kitapun turut larut dalam kembang tidur ; senyum-senyum sendiri, mengeram, menangis bahkan teriak meluapkan emosi dengan menendang dan memukul, padahal cuma bermimpi saja khan? hehehe…

Tetapi ada juga yang sengaja mengikuti alur mimpi tersebut, slow down beibe. Bertemu pocong malah di ajak ngopi di pos ronda, di kejar macan kok malah di ajak kenalan, memangnya lagi ketemu Trio macan? Ya begitulah mimpi, pengalaman hidup dapat mempengaruhi alam bawah sadar, “any dream in which one is aware that one is dreaming“.

Nah, mimpi yang dialami Sang Pemimpi, anak melayu Belitong adalah mimpi di dunia nyata. Asa terindah yang terpendam untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Dan nyatanya sudah terbukti, Andrea Hirata dapat mengharumkan dunianya, dari sanak keluarga, mengangkat aset Belitong dan yang terpenting Ibu Pertiwi bangga terhadapnya.

Itulah sekelumit tentang mimpi. Lantas InoBus itu apa?

InoBus. Tidak banyak orang mengetahui tentang InoBus, bahkan orang yang sering menggunakan jasanya tidak peduli akan keberadaanya. InoBus adalah chasis bus yang dipergunakan Bus Way (baca : bus gandeng) yang sudah mondar mandir kurang lebih satu tahun di ibukota negara, Jakarta. Secara persisnya kurang begitu tahu mengapa dinamakan InoBus. Mungkin kependekan dari Indonesia Bus.

inobusInoBus sendiri aseli karya anak negeri. Tak dapat dipungkiri lagi akan teknologinya bahwa kalau PT. INKA sudah biasa membuat kereta api lantas membuat chasis bus, gampang toh. Dengan panjang 18 meter, Inobus termasuk kendaraan yang paling panjang karena termaktub dalam PPRI No. 44 Tahun 1993 tentang Kendaraan dan Pengemudi pada Bab II pasal 115 ayat 3 : Ukuran panjang mobil bus tempel tidak lebih dari 18.000 milimeter, 1,5 kali dari ukuran mobil bus tunggal.

Siang Bolong, saat itu di hari Minggu bulan Ramadhan. Tidak banyak terlihat penumpang yang menggunakan jasa bus ini. Aktifitas pelayanan di hari libur memang ada jatah pengurangan rate, berbeda ketika jam kantor, relatif penuh, pengguna jasa moda ini sangat mengharapkan kehadirannya. Cepat dan relatif murah adalah pilihan bijak untuk mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di Ibu kota. Nah, hubungan dengan judul opo toh mas?

Karena sepi penumpang dan terlihat santai di mobil bus gang-way-bus-gandenggandeng tersebut, saatnya memejamkan mata, tidur di bulan suci adalah ibadah hehehe….. Ternyata, mimpi indah di siang bolong ketika itu susah dilupakan. Mimpi makan pecel dan es jus apokat hohoho…. maknyus kata Pak Bondan, eiit… “This is it,”celetuk Farah Queen”.

Menurutku, Aku adalah salah satu orang yang suka mengikuti jalan cerita di mimpi tersebut, salah satu mimpinya adalah makan pecel dan minum es jus di bus way ketika bulan Ramadhan, husst…. gag bagus untuk dilanjutkan ceritanya apalagi di baca anak kecil :)

Bagaimana dengan mimpi terindah anda, pastinya tak mudah untuk dilupakan.

salam dari mobil butut :)


TAGS Bus way transportasi manusia mimpi


-

Author

Follow Me