Mobil (Derek) Gendong : Solusi Mengahadapi Jakarta Swimfest

14 Jan 2012

Takgendongkemana-mana
Takgendongkemana-mana
Enakdong,mantepdong

Takgendongkemana-mana
Enaktau
Ha..Ha
Ha..Ha
Ha..Ha

Masih ingat dengan lagu ini kan? Ya, begitulah lirik (almarhum) mbah Surip ketika mendendangkan sebuah bait judul lagu Tak Gendong. Terinspirasi lagu mbah Surip inilah ada sebuah mobil yang khusus di desain untuk mengangkut mobi, kendaraan roda dua dan kendaraan berat sejenis Wheel loader, tracktor. Kendaraan itu pun sendiri dapat dibagi secara fungsional : dapat mengangkut lebih dari 3 kendaraan (car carrier) , menderek dan menggendong (mobil derek gendong), dan khusus pick up (truk bak) memang sengaja di desain untuk mengangkut barang tak terkecuali roda dua.

car-carrier-motor-1Car Carrier, pastinya anda pernah melihat truck ini melintas di jalan mengangkut lebih dari 4 mobil sekaligus. Jenis truk ini sengaja di desain untuk menghemat waktu dan biaya pengiriman dari suatu tempat. Bagian atas truk dapat menampung 3 mobil dan di bagian bawah dapat memuat 4 mobil sesuai jenis kendaraan yang diangkutnya. Untuk dapat naik di deck truk tersebut, mobil terlebih dahulu melewati rambatan hidrolik yang fungsinya untuk membantu naik di landasan atas.

Mobil derek gendong, untuk mengangkut mobil jika mengalami masalah dibagian mesin atau rodanya. Mobil ini juga dapat difungsikan sebagai alternatif lain misalnya : mengirim dari show room mobil ke pembeli, untuk urusan uji laik jalan.

derek-gendongDalam kesempatan kali ini ngadmin hanya sedikit berbagi tentang mobil derek gendong. Mengapa disebut Mobi derek gendong? Ya karena fungsinya seperti yang tertera di atas, dapat menderek ketika mobil itu mogok atau bermasalah dengan rodanya. Mobil di derek dengan menggunakan winch dan kawat sling yang di kaitkan di hook (jangkar) di depan mobil tersebut. Jika ada masalah di bagian roda tersebut, mobil dapat di bantu dengan dolly car, semacam troli yang di kaitkan di bagian chasis atau piringan roda mobil yang fungsinya supaya mobil dapat naik pada rambatan.

Tidak hanya untuk mobil yang bermasalah saja, mobil ini juga dipergunakan untuk mengangkut mobil yang akan melalukan uji laik jalan. Mobil tinggal naik di deck tanpa bantuan derek, tapi untuk naik di deck mobil derek gendong biasanya dilengkapi dengan rambatan yang telah di siapkan. Semakin dekat jarak tanah dengan bodi mobil, semakin panjang rambatan yang harus di siapkan karena sudut pergi mobil sport biasanya cukup kecil, berkisar 10 derajat.

Nah, bicara tentang uji laik jalan, beberapa waktu menonton seorang pejabat dengan PD-nya akan melakukan uji laik jalan dengan test drive langsung dari Solo ke Jakarta. Lho kok? padahal untuk uji laik jalan ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan. Mending si mobil tersebut di gendong di Mobil derek gendong seperti lantunan lagu Mbah Surip, enak toh hehehe… Nah, pada saatnya mobil tersebut tinggal uji laik jalan saja, mobil juga perlu istirahat dan memerlukan kondisi prima ketika di uji.

Hmmm…. terus hubungannya dengan solusi menghadapi Jakarta Swimfest apa?. Sebagai Ibukota negara, Jakarta menumpuk berbagai persoalan, salah satunya masalah banjir. Nah, inilah hubungan antara mobil derek gendong dengan Jakarta Swimfest. Beberapa pengamat lingkungan mengatakan bahwa Jakarta Swimfest diperkirakan akan berlangsung pada 2030, namun sampai detik ini Jakarta sudah layak mengadakan Fetival tersebut, Festival berenang. Bukan rahasia lagi jika Bogor dan sekitarnya di guyur hujan deras, jalanan di Jakarta terendam banjir, mogoknya kendaraan di berbagai ruas jalan menambah kemacetan, tambah riweuh.

knalpotSebagai mobil yang dapat menggendong “membantu” sesama mobil, mobil inilah yang dapat mengatasi masalah tersebut. Bagi yang berduit mungkin tidak ada masalah dengan mengunakan jasa mobil tersebut. Mobil yang akan melintas di ruas jalan Jakarta ketika banjir dapat menyewa mobil tersebut yang tersedia 24 jam. Karena ingin “membantu” sesama, Mobil derek gendong ini sebagian sudah memodifikasi knalpot dan filternya. Knalpot dan filter ditinggikan menghindari banjir. Benarkan kata Mbah Surip, Enak dong… Mantep dong.

Semoga, pemerintah setempat dapat mengatasi masalah banjir dengan bijak dan memfasilitasi pengendaraan yang terjebak banjir, misal dengan menyediakan truk pengangkut sepeda motor atau mobil sejenis :)


TAGS jakarta transportasi car carrier derek gendong


-

Author

Follow Me