Mobil Kereta sebagai Kendaraan Pemeriksa Listrik Aliran Atas

24 Aug 2011

Acara pulang kampung tinggal menghitung hari, pastinya segala persiapan sudah di jadual sedemikian rupa, mulai dari menyiapkan angpow untuk ponakan, beli baju baru, refreshing dengan keluarga bahkan pilihan kendaraan sebagai sarana transportasi mudikpun sudah jauh hari terjadual walau sampai sekarang belum mengantongi tiket mudik hehehe….

Nah, dari beberapa pilihan moda transporasi yang masih menjadi idola para pemudik khususnya daerah Jawa adalah kereta api, mengapa demikian? Konon Kereta Api relatif kecil mengalami hambatan yang berarti jika sudah memasuki h-4 sampai h-1 di banding transportasi darat lainnya. Beda cerita jika pemudik memilih menggunakan pesawat, mengendarai mobil sewaan dan mobil pribadi, monggo, tapi ongkosnya pasti lebih daripada naik kereta :)

Bicara soal Kereta Api, tak ada salahnya jika sedikit menyinggung teman si KA tersebut. Siapakah dia? Sebut saja Mobil Kereta. Mobil Kereta ini layaknya mobil yang bisa mengaspal di ruas jalan pada umumnya, tapi mobil inipun bisa ngerel di jalur Kereta Api. Pastinya anda belum pernah naik kendaraan yang satu ini, kalo toh pernah naik dapat dipastikan anda sebagai supir atau salah satu operator kendaraan tersebut.mobil-kereta-api

Kendaraan yang dapat berjalan di rel Kereta ini lazimnya disebut sebagai Kendaraan Pemeriksa Listrik Aliran Atas. Kendaraan yang dimiliki oleh Departemen Perhubungan Darat ini berfungsi sebagai Pemeriksa Listrik Aliran Atas yang digunakan sebagai pembangkit Kereta Api Listrik (KRL) di area Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek). Ya, karena KRL inilah salah satu moda transportasi darat pilihan para komuter Jabodetabek dan merupakan kendaraan darat yang hanya beroperasi di daerah tersebut.

Kendaraan ini di desain khusus untuk memeriksa kawat listrik yang membentang di jalur KRL bukan untuk memeriksa sembarang kawat listrik, bisa juga sih tapi tidak difungsinkan untuk itu. Menilik sekilas kendaraan ini, di dalam ruang kabin operator dilengkapi dengan AC untuk kenyaman operator tersebut. Dan untuk pelengkap fungsi kendaraan tersebut di pasang boom, tiang yang dapat digerakan naik-turun bahkan memutar sesuai kebutuhan layaknya mobil sky lift yang berfungsi sebagai pengganti lampu jalan atau untuk menjangkau tempat yang tinggi. Pernah melihat di jalan kan ketika petugas mengganti bohlam lampu jalan yang mati?, persis seperti itu, dibagian ujung tiang ditempatkan keranjang untuk operator melakukan pekerjaannya. Nah, bagaimana kendaraan ini bisa berpindah dari lajur aspal ke rel?kendaraan-pemeriksa-listrik-aliran-atas

Untuk dapat berpindah jalur, kendaraan ini dilengkapi dengan turn table, secara sederhana dapat diilustrasikan layaknya kursi putar atau alat bantu Disc jockey untuk memutar musik. Turn table yang berbentuk persegi dikombinasi dengan piringan yang dapat berputar ini digerakan secara hidrolis dan berfungsi sebagai stopper ketika roda besi tepat di atas rel. Semua pergerakan ; naik, turun, berputar dalam kendaraan ini semuanya dikendalikan dengan sistem hidrolis, begitu juga dengan penyangga kendaraan yang berada tepat di sekitar turn table ketika kendaraan ini melakukan manufer berputar di atas rel. Ingin mencoba naik kendaraan ini, asyik lho, hanya 10-30 km/jam seperti naik kereta kelinci di pasar malam? hehehe…. boleh saja, asal mendapat ijin dari pihak berwenang.

Ya, itulah sekilas tentang Kendaraan Pemeriksa Listrik Aliran Atas yang di produksi oleh karoseri dalam negeri. Ingat, kendaraan ini bukan mobil penumpang atau kereta api yang dapat dipergunakan untuk mudik lho :)


TAGS kereta api


-

Author

Follow Me