Kebersihan Sebagian Dari Iman

3 Aug 2011

truk-arm-rollPernahkah anda menimbang sampah hasil dari rumah tangga? Sisa makanan, sayuran, bekas kertas kerja dan bekas kantong plastik belanja. Bahkan botol dan kaleng bekas minuman pun sangat berharga jika dikumpulkan lantas di jual ke pengepul barang bekas, atau sisa makanan dan sayuran dapat di olah menjadi pupuk :)

Seperti halnya sampah rumah tangga, sampah di jalan juga perlu diperhatikan untuk kebersihan, kesehatan dan keindahan kota tersebut. Mobil yang berjasa dalam hal ini adalah Truck arm roll. Truk ini berfungsi mengangkut kontainer sampah yang di sediakan di beberapa titik sudut kota, misal pasar tradisional. Boks kontainer ini di sediakan oleh dinas kebersihan kota atau swadaya masyarakat setempat. Di sebuat Truk arm roll karena truk ini mempunyai lengan yang dapat bergerak berfungsi memindahkan boks kontainer untuk di angkut. Dalam hal ini, kontainer seyogyanya dilengkapi dengan penutup di bagian atasnya, bukan hanya sekedar di tutup dengan terpal saja bahkan dibiarkan terbuka ketika melaju di jalan.

Untuk mengangkut sampah, boks kontainer terbagi dalam beberapa kapasitas muat, 6 kubik dan 10 kubik. Truk yang yang digunakan untuk mengangkut sampah dengan muatan 6 kubik adalah truk yang mempunyai sumbu antar roda antara 3500 - 4000 mm atau jenis truk engkel dan yang 10 kubik dapat diangkut dengan truk besar.

truk-compactorSelain Truk arm roll ada juga truk compactor, truk ini dilengkapi alat pemadat sampah secara mekanis sehingga sampah kering dan basah tidak terurai dan menimbulkan bau yang tak sedap ketika menuju Tempat Pembuangan Akhir. Truk ini mulanya diimport dari Cina,akan tetapi, seiring kebutuhan maka truk compactor ini sudah di produksi oleh beberapa karoseri di Indonesia. Setelah dipadatkan, Truk ini dapat mengangkut sampah sampai 12 ton.

Dari catatan Dinas Kebersihan Jakarta, setiap kelurahan menghasilkan sampah antara 20-40 ton. Nah, untuk memudahkan mengangkut sampah maka hadirlah dua sosok truk tersebut, truk arm roll dan compactor.

Dari pada di denda 50 ribu rupiah mending buang sampah pada tempatnya, atau memanfaatkannya untuk di daur ulang, lumayan kan :) Kebersihan sebagian dari Iman.


TAGS truk arm roll kebersihan dinas kebersihan


-

Author

Follow Me